Anda sudah membuat blog, mengupdatenya, dan memonetisasinya dengan berbagai program. Anda kecewa sebab upaya-upaya anda tak juga menjadikan uang seperti keinginan anda , sehingga Anda tak bersemangat lagi untuk ngeblog.

Ujung-ujungnya Anda juga berpendapat bahwa menghasilkan uang banyak dari blog merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Anda tak sendiri. Banyak blogger lain yang mengalami keadaan seperti itu. Apa solusi untuk masalah tersebut?

Solusinya yaitu dengan memahami bahwa mengoptimalkan blog sampai menjadi “mesin uang” adalah perjalanan panjang yang membutuhkan upaya dan waktu.

Perjalanan panjang perkembangan dari sebuah blog ini dibagi menjadi 4 fase :

  1. Fase Pembangunan

Pada fase focus tertuju pada pembuatan konten yang berguna (berkualitas) dan setup blog. Kuantitas konten juga adalah elemen penting. Range jumlahnya 50-100 postingan. Adapun setup blog yaitu instal plugin yang diperlukan, mendesain tampilan blog yang menarik, dan menjalankan search engine optimization (SEO).

Fase pembangunan ini memerlukan waktu 3-6 bulan. Banyak blogger yang gagal pada tahap ini sebab berkonsentrasi dan sibuk memonetisasi blog, bukan pada konten.

 

  1. Fase Perkembangan Trafik

Fase ini ditandai dengan meningkatnya trafik, komentar, pelanggan RSS, dan telah mulai mendapatkan penghasilan. Konsentrasi utama dari fase ini yaitu menulis konten berguna dan ditambah mendapatkan backlink berkualitas.

Metode paling bagus dalam mendapatkan backlink bermutu yaitu dengan menjadi blogger tamu di blog-blog tenar atau artikel Anda dibacklink oleh blog-blog lain.

Memang perlu tenaga dan waktu untuk melakukan kedua hal ini, tapi yakinlah bahwa tenaga dan waktu Anda akan terbayar di kemudian hari.

Banyak blogger yang salah kira dalam mencari backlink antara lain meregistrasikan postingannya ke direktori, berkomentar di ratusan blog do follow, dan sebagainya. Google mempunyai mesin canggih sehingga mereka dapat membedakan mana backlik bermutu (yang didapatkan dengan kerja keras) dan backlink yang kualitasnya kurang.

Terlepas dari itu, fase Perkembangan trafik adalah pengerjaan panjang yang dapat memakan waktu 6-12 bulan. Perkembangan trafik dapat juga lambat, tapi lama-lama meningkat secara tetap.

Tips untuk fase ini:

Rencanakan mengirim 1 postingan blogger tamu setiap bulan ke blog-blog ternama

Buat 1-2 tulisan pilar tiap seminggu

 

  1. Fase Kematangan dan Monetisasi

Fase ini ditandai dengan trafik yang tinggi dengan upaya yang {tak} sekeras fase pertumbuhan blog. Selain itu, pelanggan RSS juga hinnga ribuan dan banyak menerima kiriman postingan blogger tamu.

Sebab trafik dan pelanggan yang banyak, usaha memonetisasi blog akan lebih gampang. Pemilik blog tinggal membuat deal dengan para pemasang iklan, optimasi PPC, optimasi afiliasi, dan ataupun memasarkan produk atau jasa sendiri.

Fase ini membutuhkan waktu: 6-12 bulan.

 

  1. Fase Maintenance

Fase Maintenance (Pemeliharaan) adalah fase yang betul-betul menarik dan menyenangkan. Sebagai contoh, blogger-blogger yang telah menempuh fase ini yaitu Darren Rowse (Problogger), Agus Ramdhani, Kang Rohman, dan sebagainya.

Waktu yang diperlukan: tak terbatas.

 

Simpulan

Menciptakan uang banyak dari blog memerlukan waktu panjang (tak ada jalan pintas). Waktu yang panjang ini tak akan membuat Anda stress sebab penghasilan tak kunjung besar apabila Anda memahami dari keempat fase perkembangan blog dari awal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s