Ngeblog terdiri dari berbagai kegiatan, mulai dari menulis, meningkatkan traffic, hingga berinteraksi dengan pengunjung. Dalam jangka waktu panjang, kegiatan tersebut akan memunculkan rasa jenuh. Apakah Anda merasakannya? Apabila ya, Anda bisa mencoba satu metode berikut untuk melawan kejenuhan ngeblog.

 

  1. Libur minimal sehari dalam seminggu

Rasa jenuh umumnya dipicu oleh rutinitas. Untuk melawannya, Anda mesti menyediakan waktu libur minimal sehari dalam seminggu, semisal Sabtu atau Minggu.

Ketika libur, lupakan segala hal tentang blog Anda. Putuskan juga koneksi internet di telepon genggam Anda sehingga tak mengganggu liburan Anda. Target Anda yaitu memulihkan mental dan tubuh Anda sehingga Anda bisa ngeblog lagi dengan pikiran yang fresh untuk kedepannya.

Untuk tujuan tersebut, Anda bisa:

  • Berkunjung ke daerah tamasya yang ada di dalam atau luar kota Anda.
  • Menonton film di bioskop.
  • Jalan-jalan ke pusat perbelanjaan (mall).

 

  1. Ikut kelompok blogger setempat

Bergabung dengan kelompok sosial blogger atau marketer di kota Anda bisa melawan rasa jenuh ngeblog. Kelompok semacam itu biasanya mempunyai kegiatan tertentu, seperti jalan-jalan bareng, kumpul bareng mingguan, atau mengadakan acara sosial bulanan.

Manfaat lain yaitu Anda bisa bertukar pikiran atau pengalaman dengan sahabat-sahabat di kelompok sosial tersebut. Dari tukar pikiran atau pengalaman, bukan tak mungkin Anda memperoleh inspirasi baru atau mengadakan proyek bersama.

Bagaimana bila di daerah Anda belum ada kelompok sosial blogger? Tak ada jalan lain, Anda mesti setahap demi setahap membangunnya. Langkah pertama bisa berupa mengajarkan sahabat-sahabat Anda yang belum tahu ngeblog.

 

  1. Lakukan eksperimen

Langkah lain untuk menyelesaikan kejenuhan ngeblog yaitu dengan berkesperimen hal-hal baru. Kegiatan ini akan membuat Anda bergairah sebab rasa ingin tahu Anda kepada hasil yang akan didapat.

Eksperimennya bisa beragam, semisal:

Memakai sosial media , bila Anda selama ini mengandalkan pengunjung dari mesin pencari (misal Google).

Merubah tampilan blog Anda, semisal mengganti warna dan ukuran huruf, mengganti letak dan ukuran iklan, dan menggati theme atau template dengan yang responsif

Menjalankan studi kasus, seperti membuat private blog network untuk mengoptimasi blog Anda, membuat blog baru dengan topik yang tak Anda kuasai, atau beriklan untuk meningkatkan penghasilan Anda.

 

  1. Buat libur tahunan

Apabila libur mingguan tak cukup, Anda bisa menjalankan libur tahunan. Semisal, libur seminggu ketika anak anda libur sekolah (apabila Anda telah berkeluarga) atau libur akhir tahun Apabila Anda belum berkeluarga. Tujuannya, sama seperti libur mingguan, Anda menyegarkan pikiran , mental dan tubuh Anda.

 

Ada banyak hal yang bisa membuat Anda jenuh ngeblog. Anda harus bisa mengidentifikasi hal tersebut dan menghilangkannya. Tentu, ini butuh waktu sebab kejenuhan ngeblog biasanya berhubungan dengan kebiasaan Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s